PROGRAM WILAYAH (PW) TAHUN 2025 DI DESA SIDETAPA: UNDIKSHA DAMPINGI MASYARAKAT DALAM PETERNAKAN AYAM KAMPUNG SISTEM KOLONI

Desa Sidetapa adalah desa Bali Aga yang diproyeksikan Pemerintah kabupaten Buleleng menjadi destinasi agrowisata, karena keunggulan kerajinan bambu, komoditas perkebunan, peternakan, dan keunikan sosio-religi Bali Aga yang dimiliki desa Sidetapa. Pada sektor tani-ternak, mayoritas masyarakat Sidetapa memilih beternak sapi, babi, dan ayam, dikarenakan kehidupan sosio-religi masyarakat. Aktivitas bertani dan beternak terorganisasi dalam kelompok tani-ternak. Sistem beternak-tani dilakukan secara tradisional non-koloni tanpa ada sistem pengolahan limbah, sehingga berdampak buruk pada sanitasi lingkungan dan kesehatan masyarakat. Memelihara ternak ayam menjadi primadona masyarakat Sidetapa. Hampir setiap anggota peternak memelihara ternak ayam, yang didekasikan untuk memenuhi kebutuhan sambung ayam (tajen), upacara agama, dan konsumsi sehari-hari. Pengakuan ketua poktan di desa Sidetapa, Jaya Kadu (59 tahun),  â€œkegiatan beternak ayam masih dipandang sebagai aktivitas sambilan untuk mengisi waktu luang, dan hiburan, sehingga  ayam dibiarkan lepas di sekitar pekarangan, dan atau gubuk=gubuk non-permanen, sehingga belum mampu mengangkat perkonomian masyarakat.

Berdasarkan permasalahan ini, Undiksha, Instiki, dan Pemerintah kabupaten Buleleng melaksanakan Program Wilayah (PW), pendanaan tahun 2025 dari Kemendiktiristek  di desa Sidetapa untuk mentrasformasi teknologi dan inovasi dalam peternakan ayam dengan sistem koloni berteknologi IoT. Ida Bagus Surya Abadi (42 tahun), dosen Undiksha sebagai ketua pelaksana kegiatan PKW menuturkan, potensi dan budaya masyarakat Sidetapa dalam beternak ayam perlu direvitalisasi berbasis aset untuk mendongkrak perekonomian masyarakat. Langkah inisiasi yang telah disepakati  dengan poktan adalah merekonstruksi kandang koloni ayam sebanyak 2(dua) unit kandang koloni, dengan volume 12x3 meter, dengan daya tampung 500 ekor ayam, dan 9x3 meter dengan kapasitas 400 ayam. Kandang ayam juga dilengkapi dengan sistem pakan minum, penerangan, dan suhu yang diotomisasi berteknologi IoT, imbuh Ida Bagus Gede Sarasvananda (30 tahun), sebagai anggota pelaksana PW, pakar IoT dari Instiki. Pada tahap awal, di kandang koloni sudah disemai 400 bibit ayam kampung, sambil menunggu tambahan kiriman bibit selanjutnya. Jaya Kadu, ketua poktan berkomitmen untuk bersama-sama mengoptimalkan peternakan ayam sistem koloni di bawah bimbingan tim dosen pelaksana PW dan mahasiswa,  agar bermanfaat dan bernilai guna bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat di desa Sidetapa. Ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya disampaikan kepada DPPM, Kemendiktiristek, atas program dan pendanaan ini, dalam membantu masyarakat untuk mengembangkan dan memodernisasi sistem peternakan ayam di desa Sidetapa, imbuhnya.

 

 

 

 

 

 

News & Events

PROGRAM WILAYAH (PW) TAHUN 2025 DI DESA SIDETAPA: UNDIKSHA DAMPINGI MASYARAKAT DALAM PETERNAKAN AYAM KAMPUNG SISTEM KOLONI

UNDIKSHA DAMPINGI PETANI LAHAN KERING DI DESA TERUNYAN DENGAN TEKNOLOGI PENYIRAMAN OTOMATIS UNTUK PERTANIAN BAWANG MERAH

PENGEMBANGAN SENTRA AGROTOURISM HORTIKULTURA POLIKULTUR BERTEKNOLOGI SMART FARMING DI DESA PINGGAN BALI

Meretas Sekat Identitas: Refleksi Catur Ashrama dan Catur Warna dalam Kehidupan Modern

Dosen Undhira Mengajar di Jade University of Applied Sciences, Jerman

Website Resmi Pasraman

PPPI (Perkumpulan Pendidik Pasraman Indonesia) didirikan secara legal formal yaitu : 1) Akta Notaris No 13 Tanggal 03 Maret 2021, 2) Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia No.AHU-0009535.AH.01.07. TAHUN 2021 (Tentang Pengesahan Pendirian Perkumpulan Pendidik Pasraman Indonesia), 3) Tanda Daftar PPPI No. 1753/DJ.VI/BA.00/1/2022 dan NPWP 65.185.009.1-435.000 Website Resmi Pasraman.

Keanggotaan PPPI (Perkumpulan Pendidik Pasraman Indonesia) bersifat Nasional yang terdiri dari Pasraman Hindu seluruh Indonesia yang terdaftar beserta Tenaga Pendidik (Acarya).

Anggota PPPI dapat berasal dari berbagai profesi seperti Seniman, Mahasiswa, Dosen, Guru Agama Hindu yang terdaftar dalam Pasraman Hindu dan juga para Pendidik (Acarya) Pasraman Hindu.

Yang dapat menjadi anggota PPPI (Perkumpulan Pendidik Pasraman Indonesia) adalah sebagai berikut:

1. Para Pendidik Keagamaan Hindu di Pasraman formal dan non-formal serta tenaga Kependidikan.

2. Para ahli yang menjalankan pekerjaan Pendidikan Keagamaan Hindu.

3. Mereka yang menjabat pekerjaan di bidang Pendidikan Keagamaan Hindu.

4. Pensiunan sebagaimana dimkasud pada butir (a), (b), (c) yang tidak menyatakan dirinya keluar dari keanggotaan.

5. Para petugas lain yang erat kaitannya dengan tugas Pendidikan formal maupun non-formal.

6. Mereka yang berijazah Pendidikan Agama Hindu serta umum tetapi wajib beragama Hindu yang tidak bekerja di Bidang Pendidikan Agama Hindu.

IDENTITAS PPPI

1. PPPI (Perkumpulan Pendidik Pasraman Indonesia).

2. Anggota berasal dari Pasraman Hindu formal dan non-formal yang sudah terdaftar dalam PPPI.

3. Anggota PPPI memberikan kontribusi untuk meningkatkan eksistensi Pasraman, mengembangkan pengetahuan dan keilmuan berlandaskan ajaran agama Hindu.

4. Anggota PPPI diberikan kartu anggota (e-card) sebagai tanda bukti keanggotaan

5. PPPI memiliki logo dan motto sebagai identitas Organisasi

6. PPPI didirikan di Indonesia pada tanggal 03 Maret 2021.

VISI

Membangun Insan Pendidik beserta Tenaga Kependidikan yang cerdas, cakap, terampil, rukun, profesional dan sejahtera serta tanggap pada perkembangan Ilmu dan Teknologi berlandaskan ajaran Agama Hindu.

MISI

1. Meningkatkan pemahaman bidang keilmuan berlandaskan ajaran Agama Hindu.

2. Melaksanakan Bidang keilmuan demi kemajuan pasraman baik formal maupun non-formal  

3. Melaksanakan kegiatan pembinaan Pasraman baik formal maupun non-formal sesuai tugas pokok dan fungsi.

4. Meningkatkan kerukunan antar Pendidik Pasraman formal dan non-formal melalui kegiatan simakrama.

5. Meningkatkan profesionalisme kerja dalam menjalankan Tugas pokok dan fungsi.

6. Meningkatkan kwalitas dan mutu pendidikan kepada para Peserta Didik (Sisya) dari semua jenis dan tingkatan.

7. Meningkatkan Kompetensi Pendidik (Acarya) melalui kegiatan seminar, workshop dan diklat, baik yang dilaksanakan secara internal (dalam) maupun eksternal (luar) dan/atau pihak Pemerintah maupun swasta.

8. Meningkatkan kecerdasan serta kepekaan dan/atau tanggap dalam menghadapi tantangan Global dalam revolusi industry 4.0 dan society 5.0 berlandaskan pada Ilmu dan Teknologi yang berkembang.

TUJUAN

1. Mewujudkan cita-cita Proklamasi Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

2. Berperan aktif dalam mewujudkan tujuan nasional pendidikan yaitu mencerdaskan generasi bangsa dan membentuk Sumber Daya Manusia Indonesia seutuhnya yang beririsan dengan tujuan Direktorat Jendral Bimbingan Masyarakat Hindu Kementrian Agama Republik Indonesia yaitu untuk membentuk Generasi Emas Hindu (2045).

3. Menjaga, memelihara, memperjuangkan serta meningkatkan harkat dan martabat Pendidik serta tenaga kependidikan Pasraman formal dan non-formal dalam berbagai bidang baik Pendidikan Hindu, budaya, sosial, lingkungan dan keilmuan.

4. Meningkatkan rasa kebersamaan dan tanggung jawab sebagai Pendidik Pasraman baik formal dan non-formal.

5. Menumbuhkan semangat Pendidik Pasraman untuk meningkatkan kompetensi profesinya sebagai Pendidik serta Tenaga Kependidikan di Pasraman sebagai Tenaga Administrasi yang Profesional di bidangnya.

6. Membantu Pendidik Pasraman formal dan non formal untuk memperoleh layanan informasi kegiatan pelaksanaan pendidikan serta pengembangan karir.

7. Meningkatkan intensitas komunikasi dan tukar informasi di antara Pendidik serta Tenaga Kependidikan Pasraman formal dan non formal se-Indonesia.

8. Membantu Pemerintah dalam hal ini Direktorat Jendral Bimbingan Masyarakat Hindu untuk mensosialisasikan dan/atau mengaplikasikan seluruh kebijakan-kebijakan atau program kerja terkait dengan Pendidikan keagamaan Hindu pada Pasraman formal dan non-formal.

9. Mengembangkan ranah wawasan keilmuan serta inovasi dalam pembelajaran Pendidikan Pasraman dalam revolusi industry 4.0 dan society 5.0.

10. Memfasilitasi komunikasi dengan pihak terkait dalam hal solusi terhadap permasalahan data melalui system baik secara online maupun offline yang ada kaitannya dalam manajemen Pendidikan di Pasraman Hindu secara personal Pendidik dan Tenaga Kependidikannya serta Kelembagaan.

Iuran anggota per tahun dapat ditransfer melalui Rek ......... No. .................  atas nama Perkumpulan Pendidik Pasraman Indonesia (PPPI)

Pendaftaran anggota dapat dilakukan dengan mengisi formulir di link website ini Website Resmi Pasraman.