Program Pelita Edukasi: TIM PKM-PM UNDIKSHA gelar pelatihan pembuatan media pembelajaran matematika berbasis Mixed Reality di SLB Negeri 2 Buleleng

PKM;Pelita;PIMNAS

Mendapatkan pendidikan yang layak merupakan hak setiap orang, tidak terkecuali bagi anak berkebutuhan khusus. Mereka dapat memperoleh pendidikan melalui lembaga pendidikan yaitu SLB. Sekolah Luar Biasa (SLB) merupakan sebuah lembaga pendidikan formal yang memberikan pelayanan pendidikan bagi anak-anak berkebutuhan khusus. Saat ini SLB sudah tersebar di seluruh daerah di Indonesia. Salah satunya adalah SLB Negeri 2 Buleleng. SLB ini berada dalam lingkup kota Singaraja. SLB Negeri 2 Buleleng melayani anak berkebutuhan khusus, salah satunya adalah anak autis. Anak autis merupakan anak dengan gangguan perkembangan fungsi otak yang dapat ditandai dengan adanya kendala dalam interaksi, komunikasi, dan prilaku yang tidak berkembang seperti anak seusianya.

Menurut penuturan Ibu Eksi Murniati selaku kepala SLB Negeri 2 Buleleng bahwa membelajarkan anak autis bukanlah hal yang mudah. Apalagi membelajarkan matematika yang bersifat abstrak. Anak autis sering kali mengalami kesulitan dalam menghitung dan memvisualisasikan bangun dalam matematika. Maka dari itu penggunaan media pembelajaran sangat diperlukan. Penggunaan media pembelajaran interaktif yang mengabungkan audio dan visual lebih efektif digunakan dalam membelajarkan anak autis. Hal tersebut sesuai dengan karakteristik anak autis.

Atas hal tersebut, tim PKM PM dari Universitas Pendidikan Ganesha yang diketuai oleh Ni Kadek Sintya Dewi dari Prodi Pendidikan Matematika, dengan anggota Sahda Nabila Pramesti, Kadek Krisnina Maharani, Kadek Rama Widyatnyana, dan I Gusti Agung Michael Swisnandya dengan didampingi oleh dosen pembimbing, Bapak I Putu Pasek Suryawan, S.Pd., M.Pd. mengambil langkah nyata dengan terjun ke SLB Negeri 2 Buleleng untuk berbagi ilmu dalam pembuatan media Mathematics Pop-Up Book berbasis Mixed Reality.

Kegiatan pelatihan ini dikemas dalam sebuah program yang diberi nama “Pelita Edukasi”. Program ini disambut dengan sangat antusias oleh guru-guru SLB Negeri 2 Buleleng. Tim PKM tidak hanya menyalurkan ilmunya namun juga mendapatkan pengalaman serta dapat bertukar pikiran dengan guru-guru SLB Negeri 2 Buleleng.

Ketua tim PKM, Ni Kadek Sintya Dewi mengatakan terciptanya PKM ini karena adanya keinginan untuk membantu siswa autis dalam belajar matematika. Karakteristik siswa autis yang kesulitan belajar matematika dan media pembelajaran matematika yang monoton sulit untuk menarik minat belajar siswa autis untuk belajar. Sejalan dengan hal tersebut, guru-guru di SLB Negeri 2 Buleleng juga merasa terbantu dengan adanya program ini. Mereka senang karena mendapatkan ilmu baru yang tentunya dapat berguna ketika menciptakan media pembelajaran bagi siswa autis.

Pelaksanaan progam ini dilaksanakan dari bulan Juli hingga Oktober tahun 2023, dimana guru yang dilatih sebanyak 10 orang guru yang khusus menangani siswa autis. Para guru praktik secara langsung dalam pembuatan media Mathematics Pop-Up Book berbasis Mixed Reality, yang sebelumnya diberikan pelatihan secara umum tentang penggunaan media dalam suatu pembelajaran. Melalui program ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi guru-guru di SLB Negeri 2 Buleleng dan berkelanjutan nantinya. Ucapan terimakasih kepada Direktorak Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) atas pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) skim Pengabdian pada masyarakat tahun anggaran 2023.

News & Events

PKM-PI “TICKENOP: TEKNOLOGI OTOMATISASI BERBASIS CLOSED-CHICKEN COOP PADA USAHA TERNAK “AYAM KAMPUNG JAYA” DI BULELENG-BALI”

Program Pelita Edukasi: TIM PKM-PM UNDIKSHA gelar pelatihan pembuatan media pembelajaran matematika berbasis Mixed Reality di SLB Negeri 2 Buleleng

TIM PKM-PM UNDIKSHA Bersama Guru SLB Negeri 2 Buleleng menghasilkan media Pop Up Mathematics Book berbasis Mixed Reality

UNDIKSHA MEMBANTU PENINGKATAN LITERASI DIGITAL BAGI KOMUNITAS KOLOK DI DESA BENGKALA-BULELENG

UNDIKSHA DAMPINGI USAHA KERAJINAN BAMBU DI DESA SIDETAPA-BALI

Website Resmi Pasraman

PPPI (Perkumpulan Pendidik Pasraman Indonesia) didirikan secara legal formal yaitu : 1) Akta Notaris No 13 Tanggal 03 Maret 2021, 2) Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia No.AHU-0009535.AH.01.07. TAHUN 2021 (Tentang Pengesahan Pendirian Perkumpulan Pendidik Pasraman Indonesia), 3) Tanda Daftar PPPI No. 1753/DJ.VI/BA.00/1/2022 dan NPWP 65.185.009.1-435.000 Website Resmi Pasraman.

Keanggotaan PPPI (Perkumpulan Pendidik Pasraman Indonesia) bersifat Nasional yang terdiri dari Pasraman Hindu seluruh Indonesia yang terdaftar beserta Tenaga Pendidik (Acarya).

Anggota PPPI dapat berasal dari berbagai profesi seperti Seniman, Mahasiswa, Dosen, Guru Agama Hindu yang terdaftar dalam Pasraman Hindu dan juga para Pendidik (Acarya) Pasraman Hindu.

Yang dapat menjadi anggota PPPI (Perkumpulan Pendidik Pasraman Indonesia) adalah sebagai berikut:

1. Para Pendidik Keagamaan Hindu di Pasraman formal dan non-formal serta tenaga Kependidikan.

2. Para ahli yang menjalankan pekerjaan Pendidikan Keagamaan Hindu.

3. Mereka yang menjabat pekerjaan di bidang Pendidikan Keagamaan Hindu.

4. Pensiunan sebagaimana dimkasud pada butir (a), (b), (c) yang tidak menyatakan dirinya keluar dari keanggotaan.

5. Para petugas lain yang erat kaitannya dengan tugas Pendidikan formal maupun non-formal.

6. Mereka yang berijazah Pendidikan Agama Hindu serta umum tetapi wajib beragama Hindu yang tidak bekerja di Bidang Pendidikan Agama Hindu.

IDENTITAS PPPI

1. PPPI (Perkumpulan Pendidik Pasraman Indonesia).

2. Anggota berasal dari Pasraman Hindu formal dan non-formal yang sudah terdaftar dalam PPPI.

3. Anggota PPPI memberikan kontribusi untuk meningkatkan eksistensi Pasraman, mengembangkan pengetahuan dan keilmuan berlandaskan ajaran agama Hindu.

4. Anggota PPPI diberikan kartu anggota (e-card) sebagai tanda bukti keanggotaan

5. PPPI memiliki logo dan motto sebagai identitas Organisasi

6. PPPI didirikan di Indonesia pada tanggal 03 Maret 2021.

VISI

Membangun Insan Pendidik beserta Tenaga Kependidikan yang cerdas, cakap, terampil, rukun, profesional dan sejahtera serta tanggap pada perkembangan Ilmu dan Teknologi berlandaskan ajaran Agama Hindu.

MISI

1. Meningkatkan pemahaman bidang keilmuan berlandaskan ajaran Agama Hindu.

2. Melaksanakan Bidang keilmuan demi kemajuan pasraman baik formal maupun non-formal  

3. Melaksanakan kegiatan pembinaan Pasraman baik formal maupun non-formal sesuai tugas pokok dan fungsi.

4. Meningkatkan kerukunan antar Pendidik Pasraman formal dan non-formal melalui kegiatan simakrama.

5. Meningkatkan profesionalisme kerja dalam menjalankan Tugas pokok dan fungsi.

6. Meningkatkan kwalitas dan mutu pendidikan kepada para Peserta Didik (Sisya) dari semua jenis dan tingkatan.

7. Meningkatkan Kompetensi Pendidik (Acarya) melalui kegiatan seminar, workshop dan diklat, baik yang dilaksanakan secara internal (dalam) maupun eksternal (luar) dan/atau pihak Pemerintah maupun swasta.

8. Meningkatkan kecerdasan serta kepekaan dan/atau tanggap dalam menghadapi tantangan Global dalam revolusi industry 4.0 dan society 5.0 berlandaskan pada Ilmu dan Teknologi yang berkembang.

TUJUAN

1. Mewujudkan cita-cita Proklamasi Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

2. Berperan aktif dalam mewujudkan tujuan nasional pendidikan yaitu mencerdaskan generasi bangsa dan membentuk Sumber Daya Manusia Indonesia seutuhnya yang beririsan dengan tujuan Direktorat Jendral Bimbingan Masyarakat Hindu Kementrian Agama Republik Indonesia yaitu untuk membentuk Generasi Emas Hindu (2045).

3. Menjaga, memelihara, memperjuangkan serta meningkatkan harkat dan martabat Pendidik serta tenaga kependidikan Pasraman formal dan non-formal dalam berbagai bidang baik Pendidikan Hindu, budaya, sosial, lingkungan dan keilmuan.

4. Meningkatkan rasa kebersamaan dan tanggung jawab sebagai Pendidik Pasraman baik formal dan non-formal.

5. Menumbuhkan semangat Pendidik Pasraman untuk meningkatkan kompetensi profesinya sebagai Pendidik serta Tenaga Kependidikan di Pasraman sebagai Tenaga Administrasi yang Profesional di bidangnya.

6. Membantu Pendidik Pasraman formal dan non formal untuk memperoleh layanan informasi kegiatan pelaksanaan pendidikan serta pengembangan karir.

7. Meningkatkan intensitas komunikasi dan tukar informasi di antara Pendidik serta Tenaga Kependidikan Pasraman formal dan non formal se-Indonesia.

8. Membantu Pemerintah dalam hal ini Direktorat Jendral Bimbingan Masyarakat Hindu untuk mensosialisasikan dan/atau mengaplikasikan seluruh kebijakan-kebijakan atau program kerja terkait dengan Pendidikan keagamaan Hindu pada Pasraman formal dan non-formal.

9. Mengembangkan ranah wawasan keilmuan serta inovasi dalam pembelajaran Pendidikan Pasraman dalam revolusi industry 4.0 dan society 5.0.

10. Memfasilitasi komunikasi dengan pihak terkait dalam hal solusi terhadap permasalahan data melalui system baik secara online maupun offline yang ada kaitannya dalam manajemen Pendidikan di Pasraman Hindu secara personal Pendidik dan Tenaga Kependidikannya serta Kelembagaan.

Iuran anggota per tahun dapat ditransfer melalui Rek ......... No. .................  atas nama Perkumpulan Pendidik Pasraman Indonesia (PPPI)

Pendaftaran anggota dapat dilakukan dengan mengisi formulir di link website ini Website Resmi Pasraman.